Posted by : Ronan Elektron


          Pernahkah anda melihat lampu..?? tentu saja pernah kan..?? tapi, apakah anda pernah melihat beberapa lampu yang bisa berkedip secara bergantian secara otomatis…???
          Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan hal tersebut. Namanya adalah “LAMPU FLIP – FLOP”. Lampu flip - flop adalah lampu yang bisa berkedip secara bergantian dengan tegangan yang cukup kecil yaitu 3volt dan hanya menggunakan beberapa rangkaian saja. Tertarik..??

1. PENGENALAN KOMPONEN
·         Project board
Adalah papan rangkaian cetak yang penggunaannya tidak memerlukan solder untuk menyatukan komponennya. Gambar project board :





·         Resistor
                       Adalah komponen elektronika yang dapat menghambat arus listrik dan dapat menahan        frekuensi tinggi dan meneruskan frekuensi rendah. Resistor terbuat dari campuran karbon atau dari metal film atau dari kawat nikelin. Gambar Resistor: 



·         Capasitor elektrolit (elco)
Adalah capasitor yang pemasangannya tidak boleh terbalik. Gambar Capasitor elektrolit :




·         Transistor
Adalah rangkaian elektroika yang terbuat dari bahan NPN atau PNP. Ada sebutan untuk kaki transistor yaitu Colektor, Basis, Emitor. Gambar Transistor :







·         LED (light emiting diode)
Seperti namanya, LED adalah sebuah dioda. Hanya saja LED dapat memancarkan cahaya. Ada sebutan untuk kaki LED, sama seperti dioda yaitu anoda (+) dan katoda ( - ). Keunggulan LED yaitu terutama tidak menimbulkan panas, tegangan yang diperlukan untuk menyalakan LED maksimal 3V. . Gambar LED :





Untuk sekarang saya menggunakan project board, karena lebih praktis,,, hehehe 
Nah inilah rangkaian lampu flip-flop :


Oh ya,, untuk lampu flip-flop ini bisa di bentuk- brntuk juga lho,.,.,  Bisa dibentuk hewan, tumbuhan, wajah, dll. Contoh variasi yang bisa dibuat kaya’ gini..:
 
Wah,, hampir lupa nih,,  rangkaian flip-flop ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian pengendali(merah) dan tampilan(kuning), agar lebih jelas lihat gambar ini…

Dari gambar diatas dapat diketahui, bagian pengendali (merah) adalah komponen2 dan bagian tampilan (kuning) adalah semua lampu LED…
Mau lihat hasilnya,,?? Santai aja, ada videonya nih…
Nih videonya…!!!


Searching for Something?

Popular Post

- Copyright © Ronan Elektron -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -