Posted by : Ronan Elektron




       Pertama saya luruskan dulu, sebenernya Sebutan untuk benda yang kita sebut "Flashdisk" itu bukan flashdisk, tetapi yang benar "Flashdrive". Karena apa? kata Flashdisk, emang didalem benda itu ada Cakram/Disk nya? engga kan?




     Ngga percaya? nih bagian dalem Flashdrive, apa ada Disk/Cakramnya? engga kan?
 Memory ini menggunakan sistem IC Memory, sehingga tidak menggunakan disk. nah, jadi mulai sekarang biasakan menyebut memory ini sebagai Flashdrive, atau USB Flash Drive.



Oke, kembali ke permasalahan

    Pernah saya mengalami kejadian dimana Flashdrive saya sewaktu dicolokkan ke usb port dan saya mau buka file nya, tapi didalam flashdisk saya sudah kosong. saya buka properties masih terisi. saya coba buka Folder Option -> View -> Show Hidden Files and Folders

       Tetapi tetap saja file saya tidak muncul. Lalu saya ingat kalau smadav punya tool unhide file and folders.

Nah. ini cara Pertama jika kamu mengalami masalah yang sama:
1. Buka Smadav. belum punya? download di Smadav.net
2. Scan Flashdrive mu
3. Lihat Hasil scan, jika pada bagian "Hidden Files" nampak banyak file kamu yang hilang langsung pencet Unhide All
4. Nah, setelah itu scan Flashdrive kamu menggunakan Antivirus yang lebih kuat karena tadi berarti Flashdrive kamu kena virus.


Sudah di scan, masih tetep ga ada filenya? bahkan masih error?


Cara Kedua

Kita minta bantuan Software PC Inspector File Recovery

Caranya:
1. Download dulu Softwarenya Disini (5Mb aja kok)
2. Instal sampai Finish lalu buka Softwarenya.
3. Jika disuruh pilih bahasa, pilih aja inggris atau bahasa yang paling kamu tau :)

4. Pasti tampak mukanya kira - kira seperti ini
Kamu pilih Find Lost Data sob, Detailnya:
- Recover Deleted Files untuk mengembalikan file yang sudah kamu hapus
- Find Lost Data untuk mencari data - data yang hilang
- Find Lost Drive, ini untuk jika flashdrive kamu tidak terdeteksi PC saat dicolokkan

5. Setelah kamu pilih Find Lost Data, lalu kamu pilih lokasi Flashdrive kamu, Misal E:\ , F:\, atau G:\
lalu kamu klik pada gambar Centang warna ijo sob



6. Sesudah itu, kamu disuruh ngatur Cluster. Cluster disini mungkin maksudnya adalah jangka waktu yang akan di telusuri untuk menemukan file - file yang hilang. Saya sarankan untuk Langsung Klik Centang aja sob. Otomatis Software ini akan scan file yang hilang dari Proses Format Drive terakhir. Jadi seumpama 1 bulan lalu kamu format FD kamu, dan sekarang datanya pada hilang. maka jika kamu langsung klik ok, akan otomatis scan file yang ilang dari jangka waktu 1 bulan lalu.




7. Sekarang tinggal nunggu proses pencarian file yang hilang. Memang memakan waktu, tapi jika file yang kita cari berhasil diselamatkan kan terbayarkan


8. Jika proses pencarian sudah selesai dan berhasil, maka akan nampak banyak sekali file yang ditemukan. Catatan: "Terkadang File yang berhasil ditemukan, namanya sudah terganti dengan nama Cluster-blablabla . "


Cluster Blablabla

Nah, sekarang masuk mode penyelamatan. Kalau saya mending Select Semua File yang ditemukan lalu di save ke suatu tempat terserah kamu. karena disini namanya sudah menjadi cluster jadi kita tidak bisa membedakan mana file yang kita cari



Sesudah teramankan semua, cuba buka file seperti foto atau gambar, kalau bisa dibuka berarti berhasil. Namun, di kasus saya dulu ada beberapa file dokumen (Word, excel) yang berhasil selamat namun isinya tetep error. Ya walau begitu masih bisa bersyukur karena data saya waktu dulu masih banyak yang selamat. ya bisa dibilang 90% lah :)


9. Belum selesai. semoga FD nya bisa di sembuhin,. caranya menggunakan Hard Disk Low Level Format Tool. software kecil sekitar 700Kb yang sanggup memformat Drive jenis apapun secara low atau pelan tapi jalan.

- Caranya, Download dulu aplikasinya Disini. Lalu instal

- lalu buka, dan pilih Drive FD kamu, lalu Continue





- Selanjutnya pilih Format This Device






- Jika sudah selesai, perhatikan, jangan klik ok . Tapi klik close pada jendela pop up, lalu klik close pada jendela window



Nah, itu tadi cara saya untuk menyelamatkan data dari FD/MMC yang error sekaligus mengobati FD itu sendiri. semoga bermanfaat :)

Searching for Something?

Popular Post

- Copyright © Ronan Elektron -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -